Minggu, 31 Maret 2013

Upaya untuk menjadi seorang insinyur yang kreatif

InsinyurAdalahSeorang yang Kreatif
Manusia sejak dahulu merupakan satu-satunya makhluk Tuhan  yang  kreatif dan cerdas. Terbukti dengan ditemukannya arkeolog berupa senjata berburu dan alat-alat pertanian yang di buat dari tangan. Pada zaman-zaman berikutnya alat-alat itu berkembang dengan fungsi yang lebih komleks dari sebelumnya. Penemuan hal-hal  baru yang sebelumnya belum ada terus berlanjut . Itu membuktikan bahwa manusia merupakan makhluk  yang  kreatif. Kata kreatif dalam karya ilmiah biasanya di gunakan bergantian dengan  kata inovasi. Kreatif dan inovasi keduanya bukan merupakan  kata yang identik walau keduanya memiliki  kesamaan. Inovasi merupakan penemuan suatu hal atau ide baru yang di rekombinasikan dengan ide-ide yang sudah dikenal. Sedangkan kreatif merupakan penemuan suatu hal atau ide untuk menanggapi kebutuhan manusia serta solusi yang baik, memuaskan, dan inovatif. Jadi kreatif merupakan inovasi namun inovasi belum tentu kreatif. Seorang insinyur itu tidak selalu seorang pemikir kreatif, meskipun semua insinyur harus menguasai teknik-teknik dasar pemecahan masalah.Untuk pemecahan masalah insinyur harus cerdas, baik cerdas informasi, komunikasi atau yang lain. Dengan demikian insinyur dapat menerapkan prinsip-prinsip penalaran deduktif, alternatif, dan inofatif ketika dia memecahkan sebuah masalah. Semua orang yang memiliki intelegensi normal memiliki kemampuan untuk berfikir kreatif ,imajinatif , dan inovatif. Sayangnya sebagian besar orang tidak mengetahui berbagai potensi kreatif mereka. Kapasitas intelektual tentu menetapkan batas  atas kemampuan seseorang yang inovatif dan kreatif, namun demikian, motivasi dan lingkungan lebih besar pengaruhnya menentukan apakah seseorang mencapai batas ini.
Pengembangan Usaha Kreatif
Kreativitas dapat di kembangkan. Dalam perkembangan pemikiran kreatif  terkadang jika kita salah mendidik seseorang, itu malah membuat seseorang tidak kreatif, seperti misalnya mendidik dengan cara menekan seseorang. Sangat di sayangkan bahwa sumberdaya mental kita terbuang dengan cara seperta itu. Bakat kreatif harus di cari, di kembangkan, dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin, meskipun sebenarnya sulit untuk mengukur potensi individu untuk melakukan kreatif. Setiap orang mempunyai beberapa kapasitas untuk menjadi seorang inovatif dan creative. Namun biasanya orang yang inovatif  dan kreatif merupakan komuditas langka. Biasanya seseorang seperti itu adalah seseorang  yang memiliki sikap mental yang bagus .
Sikap Pemikiran Kreatif dan Inovatif
Tidak ada kondisi ideal yang akan selalu memberikan pemikiran imajinatif dan kreatif maupun efektif. Kondisi terbaik sangat tergantung dengan kepribadian dan keadaan, yaitu jika kita terbebas dari kondisi tertekan, dan menumbuhkan rasa keterbukaan maupun rasa bebas. rasa takut, keserakahan, dan kebencian merupakan penyebab kita tidak bisa berfikir kreatif. . mencoba untuk mendekati situasi masalah dengan pikiran yang jernih yang telah dirangsang tetapi tidak dibatasi oleh pengalaman masa lalu. Biasanya proses berfikir kebanyakan orang dipengaruhi oleh bagaimana dan apa yang mereka pelajari, namun tradisi dapat menghambat apabila yang di asumsikan salah atau tidak relefan. Seorang  insinyur harus termotifasi dalam berfikir imajinatif. Pendorong motifasi berfikir kreatif dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu dasar motif ( makanan dan pelestarian, iman, kasih, aspirasi untuk ketenaran atau kebebasan) dan sekunder motif (kompetisi, kebanggaan, loyalitas).
Hambatan Sosial dan Budaya
Sejarah dari suatu peradaban identik dengan catatan dari perilaku – perilaku manusia yang kreatif beserta pula kekurangan dari perilaku umat manusia. Kebudayaan adalah hasil olah pikir, karya, dan cipta karsa manusia yang dikembangkan. Kebudayaan dibagi menjadi dua yaitu kebudayaan modern dan kebudayaan kuno. Kebudayaan kuno mulai berkembang pesat di Mesir (2700-1800 SM), Yunani (600-300SM) dan Roma (400SM-400M). sedangkan kebudayaan modern berkembang seiring dengan derasnya arus era globalisasi. Runtuhnya peradaban kuno tersebut diakibatkan karena tingginya paham – paham hedonisme di kalangan manusia. Banyak manusia yang hidup hanya ingin mencari kepuasan, kenyamanan dan kenikmatan belaka, tanpa adanya rasa ingin mengetahui dan menghargai suatu pekerjaan. Hal inilah juga yang menimbulkan ragam – ragam permasalahan diberbagai bidang kehidupan saat ini, seperti halnya di Amerika mengenai masalah pembatasan penggunaan sumber daya alam, keseimbangan ekologi dll. Masalah tersebut tidak dapat diatasi dengan pengetahuan dan procedur yang dikuasai akan tetapi dapat ditanggulangi dengan berpikir kreatif. Dalam menyelesaikan masalah maka membutuhkan suatu tim, dalam sebuah tim diperlukan suatu kerja sama yang solid antar anggota untuk menciptakan suatu ide kreatif dan inovatif, dan tidak akan berhasil jika suatu tim tidak solid. Dalam suatu tim dibutuhkan juga suatu kebebasan untuk berekspresi dalam menuangkan ide – ide dari setap anggotanya karena dengan semakin banyaknya ide yang dihasilkan dari sebuah tim maka hasil kinerja tim akan lebih maksimal dan kreatif seperti yang tercantum dalam pasal 28E ayat 3 UUD 45`.
Tidak baik jika kita menjadi orang tertutup yang melakukan blok terhadap perubahan budaya, hal itu bisa merugikan diri sendiri dan bisa menimbulkan masalah seperti halnya kelaparan yang terjadi di India, yang masyarakatnya tidak mau memanfaatkan hewan ternak sapi untuk jadi makanan. Sebaiknya jadilah kita seperti ikan, yang selalu berenang mengikuti aliran air kemanapun arahnya, dan ikan itu pun mengerti mana air yang pantas untuk ia jadikan tempat tinggalnya dan tidak pantas untuk dia tinggali.
Stimulasi dari Ide
Insinyur adalah seseorang yang professional, yang harus memiliki kemampuan analisa dan kemampuan sintesis yang tajam. Tanpa kedua kemampuan itu maka seorang insinyur akan dianggap kurang sempurna bagai sayur tanpa garam. Seorang insinyur diharapkan dapat menciptakan suatu ide imajinatif yang bermanfaat bagi masyarakat sehingga bisa berkontribusi besar bagi kemajuan bangsa dan negaranya. Tidak pantaslah kita membatasi ide – ide setiap manusia termasuk insinyur karena pembatasan itulah yang akan menurunkan kreativitas ide seorang insinyur dan ide – ide seorang insinyur cenderung kurang bisa berkembang.
Untuk mengingat ide yang ada, sebaiknya kita perlu mencatat ide tersebut dalam buku catatan, dengan catatan itu pun kita bisa mengembangkan ide yang kita miliki agar lebih kompleks seperti halnya bermain puzzle kita dituntut bekerja keras untuk menyusun langkah awal yang diambil terlebih dahulu, setelah itu kita akan mengembangkannya menjadi suatu gambar utuh. Jika ide yang kita miliki telah sempurna maka kita sebaiknya perlu mematenkan agar tidak terjadi perebutan ide di waktu yang akan datang seperti yang diatur dalam UU nomer 19 tahun 2002 tentang hak cipta.
Prinsip Umum
Tugas seorang insinyur hanya dibatasi oleh hukum – hukum alam. Insinyur merupakan jembatan penghubung antara keinginan manusia dengan realita alam. Insinyur dapat menghasilkan suatu solusi yang diinginkan dan ekonomis yang terkadang solusi tersebut diterima kadang pula ditolak oleh masyarakat. Beberapa tahun yang lalu kehidupan seorang insinyur sungguh menyengsarakan ada yang diabaikan, diturunkan, dimutasi bahkan dipecat hal ini diakibatkan oleh adanya ide radikal sehingga menganggap tidak bergunanya seorang insinyur. Hal-hal yang perlu diperhatikan bagi setiap insinyur agar idenya bisa diterima, yaitu menawarkan ide pada pihak yang tepat, selalu mengikuti kamajuan prosedur agar ide yang dihasilkan lebih baik, menyajikan hasil ide dengan penampilan yang jelas dan dengan cara yang professional, mempersiapkan diri sebelum menampilkan ide seperti mempersiapkan antisipasi terhadap sanggahan – sanggahan yang akan terjadi ,menampilkan idenya secara sederhana padat dan jelas, dan tetap terus berjuang meski mengalami kegagalan karena sesungguhnya ada kesuksesan dibalik kegagalan. Sejak Tuhan menciptakan manusia, maka saat itulah kita dituntut untuk berpikir kreatif. Manusia adalah makhluk yang sempurna dengan dikaruniai akal, oleh karena itu kita pergunakan akal yang kita miliki ini untuk berpikir dan terus berpikir kreatif demi perubahan ke depannya yang lebih baik. Bumi berkompromi dengan kehancuran dan kemajuan, seni berkompromi dengan keberhasilan dan kegagalan, sedangkan ide berkompromi dengan diterima dan ditolak. Teruslah mencari ide yang kreatif karena sesungguhnya ide kreatif itu akan datang pada siapa saja yang berupaya untuk mendapatkannya.
Pendorong Kreativitas
Kemampuan meramalkan harus dimiliki untuk menunjang kemampuan di masa depan. Bab ini menjelaskan metode meningkatkan peramalan dan memanfaatka teknologi secara kreatif serta menambah kemampuan untuk menciptakan alternative di masa depan. Pertama-tama, penjelasan metode-metode yang mendorong kekreativitasan individu-individu. Yaitu berfiir lateral, berkiasan dan analogi, penandaan, analis tambahan, analis bentuk, dan penggunaan kata acak. Yang akhirnya, tehnik-tehniknya dikelompokkan menjadi Brainstorming (penggalian masalah), Tulisan slip Crawford, dan sinektik.
Lima Elemen Tentang Kreatifitas
J. P. meneliti tentang dasar munculnya kreatifitas. Penelitian dimulai sejak PD II. Diidenifikasikan beberapa elemen kunci dari kreatifitas : Kelancaran, sifat fleksibel, keaslian, kesadaran dan gerakan. Beberapa elemen diatas telah menghilangkan misteri munculnya kreatifitas dan membuat kita bisa menumbuhkan kreatifitas kita. Kelancaran biasanya dikaitkan dengan bagaimana cara kita menjelaskan ide-ide ang ada. Kelancaran sangat diperlukan untuk memastikan bahwa alternatif di masa depan bisa ditemukan. Kefleksibelan adalah kemampuan untuk mematahkan konsep yang lazim ke dalam bentuk baru. Orang kreatif akan memiliki pemikiran yang tidak biasa, dan dating secara tiba-tiba. Imajinasi dimulai dengan kesadaran serta seara alami berasal dari individu itu sendiri. Individu dalam suatu gerakan harus bisa menentukan motovasinya. Dengan adanya motivasi tantangan seperti apapun akan dihadapi oleh individu tersebut.
Orang yang Kreatif
Disini ada beberapa teknik utuk meningkatkan kreativitas, lima teknik yang akan dijelaskan disini yaitu berfikir lateral, berkiasan dan analogi, penandaan, analis tambahan, analis bentk, dan penggunaan kata acak yang akan menemukan ide baru.
  1. Berfikir lateral
Berfikir lateral yaitu cara berfikir dengan mengganti pola yang lama dengan pola yang baru sebagai sebuah altenatif baru dan atau meningkatkan kreatifitas. Berfikir lateral mendorong penuh semua kemampuan kita. Untuk menjadi kreatif, kita tidak harus memahami prinsip-prinsip berfikir lateral tapi meneliti teknik yang menggunakan prinsip ini.
  1. Berkiasan dan analogi
Berkiasan dan analogi merupakan subuah cara membandingkan/mengibaratkan suatu hal dengan hal lain. Bermetafora dan analogi terbaik adalah melibatkan sesuatu hal yang sering dilakukan tanpa harus berfikir apa yang akan dilakukan selanjutnya. Orang kretiflah yang bisa berkiasan dan analogi secara baik. Hal ini benar-benar bisa meningkatkan kreatifitas.
  1. Penandaan
Penandaan ini artinya setiap penemuan suatu ide baru akan selalu ditandai. Penandaan ini sangat simple, namun sangat penting bagi orang kreatif. Dari dari penandaan itu Dia akan menyeleksi atau menyempurnakan dan ataupun menggabungkan. Sehingga terciptalah suatu alternatif baru di masa depan.
  1. Morphologi Analisis
Analisis morphologial dimaksudkan kita untuk meninggalkan pola terbentuk sebelumnya. Melalui itu, kita dipaksa untuk mengembangkan kemungkinan bahwa kita mungkin sebaliknya mengabaikan atau menolak dan untuk mempertimbangkan cara-cara untuk menerapkan kemungkinan bahwa kita mungkin cenderung untuk menghilangkannya.
  1. Acak Kata
Acak kata atau random words merupakan salah satu teknik berpikir kreatif yang sering muncul ketika individu berada pada keadaan under pressure. Ketika dia terpojok, maka semua kata yang dia tahu akan muncul kemudian dari sanalah ditemukan kata-kata yang cocok dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Dan dari kata-kata tersebut, tesusunlah menjadi sebuah gagasan.
Kretivitas Kelompok
Kreativitas dalam kelompok juga perlu dikembangkan. Yakni misalnya dengan brainstrorming dan crawford slip writing. Brainstrorming yakni mengungkapkan pendapat, menjelaskan mengenai apa yang kita pikirkan tentang sesuatu kepada orang lain. Sementara crawford slip writing, maksudnya adalah menuliskan ide kreatif untuk memecahkan suatu masalah atau menulis solusi pemecahan masalah.



"D"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar